Harus Tahu

Manfaat Ajaib Minum Air Putih 8 Gelas Sehari

Situsehat.com - Air putih atau air mineral selalu dianjurkan dalam setiap kondisi maupun suasana. Minum air putih itu enggak bisa enggak. Loh? Intinya, air putih adalah minuman wajib sehari-hari. Terkadang kamu masih sering menyepelakan minum air putih kan? Kalau belum haus banget belum mau minum deh. Lama-lama kamu enggak sadar kalau lagi dehidrasi. Mau nungguin sampai pingsan atau sakit dulu baru mau rutin minum air putih? Haus memang menjadi isyarat kalau tubuh memerlukan cairan.

Dehidrasi dalam jangka panjang bisa mengancam nyawa, apalagi air jadi bagian penting untuk tubuh. Ada informasi yang tersebar di dunia grup WhatsApp, salah satunya adalah minum air putih 8-10 gelas per hari dapat menghindari kanker kandung kemih. Secara banyak orang mikir kalau air yang masuk ke tubuh berpengaruh pada air kencing yang keluar.

So, kamu enggak perlu dong nunggu isyarat haus baru mau minum. Memang banyak yang bilang dan ngingetin minum air putih sekitar 8-10 gelas per hari. Wah padahal ukuran gelas tiap rumah beda-beda loh. Yang pasti standarnya aja sih 1 gelas sekitar 200 mililiter. jadi kalau dihitung sekitar 1,6 liter air. Minimal dianjurkan minum air putih sebanyak 1,5 hingga 2 liter per hari. Kalau kamu merasa emang masih haus banget setelah minum air putih sebanyak 8 gelas, minumlah. Kamu enggak perlu menahan haus lagi. Minum aja selagi masih bisa minum.

Bahkan, ada yang sampai mengindentifikasi kalau belum cukup minum air maka warna urin akan lebih oranye. Soal kanker kandung kemih memang unik karena dipengaruhi seberapa banyak air masuk ke tubuh. Salah satu tanda sakit kanker kandung kemih adalah warna urin kemerahan seperti air cucian daging.

Perubahan warna urin itu karena adanya darah. Tanda lainnya, akan terasa sakit ketika buang air kecil. Jangan sampai kekurangan cairan dalam tubuh karena akan mempengaruhi berbagai organ penting dalam tubuh. Minum air putih yang cukup tidak hanya mencegah kanker kandung kemih tetapi seluruh proses metabolisme, kerja organ dan segala aktivitas tubuh.

Banyak cara untuk mengindari kanker kandung kemih diantaranya stop merokok, hindari konsumsi air yang mengandung arsenic dan tercemar, gunakan alat perlindungan diri bagi pekerja yang sering terpapar zat karsinogenik dan konsumsi air minimal 2 liter per hari

Rutin minum air putih membantu pembentukan otot, memperbaiki jaringan kulit, sel darah. Tak kalah penting, air putih juga menjadi penyeimbang dari sistem getah bening. Tubuh pun akan memiliki kekuatan melawan infeksi yang mengganggu kesehatan tubuh. Minum air putih di pagi hari bisa membantu membuang racun tak berguna di dalam tubuh. Nah, racun-racun itu akan keluar lewat keringat dan urin. Air putih menopang seluruh metabolisme tubuh. So, buat apa lagi menunda-nunda minum air putih.

Tinggalkan komentar

    Berita Terkait